Image
Top
Navigation
August 7, 2010

Karakter yang harus dimiliki untuk menjadi seorang Entrepreuneur

Karakter yang harus dimiliki untuk menjadi seorang Entrepreuneur

Disini ane akan coba share lagi yg isinya masih nyambung sm yg ane share sebelumnya…

Ane akan share tentang karakter yang harus juragan2 miliki untuk menjadi seorang Entrepreuneur.
Apa sih entrepreneur itu??
Entrepreneur memiliki arti yg luas, diantaranya :

== Entrepreneur/kewirausahaan adalah seseorang yang memiliki kecakapan tinggi dalam melakukan perubahan, memiliki karakteristik yang hanya ditemukan sangat sedikit dalam sebuah populasi.

Bagaimanapun, untuk menjadi entrepreneur, tak cukup memiliki pengetahuan tentang bisnis. Karakter atau jiwa entrepreneur juga sangat dibutuhkan. Karena itu penting sekali mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut pada diri agan2 sendiri untuk mengetahui seberapa besar karakter entrepreneur agan2.


1. Berapa besar komitmen agan2?

Seorang entrepreneur sukses memiliki komitmen yang besar terhadap bisnisnya. Mudah dipahami memang, tapi sulit dalam prakteknya.
Jika agan2 masih berangan-angan memiliki bisnis sendiri dan belum memulainya, barangkali agan2 mesti memperkuat komitmen agan2 dan siap dengan segala resikonya. Bagaimanapun, tak satupun bisnis di dunia ini yang aman dari resiko.
Walau begitu, resiko juga bisa dimanajemen bukan?! 🙂

2. Apakah gelas agan2 setengah penuh atau setengah kosong?

Tidak semua orang optimis adalah entrepreneur, tetapi hampir semua entrepreneur adalah orang-orang optimis.
Setiap entrepreneur biasanya memiliki kemampuan melihat kesempatan positif dari suatu tantangan situasi.
Tanpa keyakinan optimistis, maka akan sulit memotivasi karyawan, bertahan pada masa-masa sulit dan mengembangkan bisnis.

3. Apakah agan2 senang membuat keputusan?

Keputusan berarti komitmen. Keputusan yang salah bisa mengarah pada masalah dan menghilangkan rasa hormat dari suatu kelompok.
Memiliki sebuah bisnis -khususnya yang modalnya tidak besar- berarti harus siap membuat keputusan dengan market research terbatas dan informasi yang kurang lengkap. Nah, kira-kira apakah agan2 senang membuat keputusan-keputusan demikian?

4. Apakah agan2 memiliki uang untuk membuat cita-cita bisnis agan2 terwujud?

Jangan berhenti dulu dari pekerjaan sehari-hari, sampai agan2 memiliki modal yang cukup untuk kelangsungan bisnis.
Memenuhi kebutuhan keuangan untuk bisnis tidaklah mudah dan perlu pengorbanan pribadi apakah itu dari tabungan, pinjaman bank, dll-.
Agan2 juga harus siap jika ternyata ada yang tidak berjalan sesuai rencana. Nah, apakah agan2 sanggup menyokong kelangsungan business plan agar bisnis agan2 tetap bertahan?

5. Apakah agan2 senang menjual?

Dalam bisnis, penjualan adalah bagian alami dari segala pekerjaan bahkan jika mereka tidak pernah bekerja di bidang penjualan sekalipun-.
Sebagai seorang entrepreneur, pekerjaan agan2 adalah ‘menjual’. Menjual produk agan2, visi perusahaan dan diri agan sendiri.
Dan agan2 harus melakukan ini setiap hari, dalam setiap waktu. Jika agan2 menikmatinya, agan2 memang seorang entrepreneur sejati. 🙂

Juragan, jika agan2 menjawab YA pada sebagian besar pertanyaan-pertanyaan di atas, berarti agan2 memiliki karakter entrepreneur dan siap untuk memiliki bisnis sendiri.

Tetapi jika sebagian besar jawabannya adalah TIDAK, sebaiknya pertimbangkan untuk menggaet partner bisnis untuk membantu membuat rencana bisnis agan2 menjadi kenyataan. 🙂

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4485686

Submit a Comment