Image
Top
Navigation
June 12, 2011

Branding Agency

Branding Agency adalah tipe marketing agency yang mengkhususkan bidangnya dalam pembuatan dan pengelolaan branding/merek. Branding agency membuat, merencanakan dan mengelola strategi branding, secara khusus untuk client-clientnya. Terkadang, branding agency sekaligus menangani kampanye iklan untuk mengenalkan brand yang ditangani, sekaligus sebagai strategi promosi. Branding Agency lebih familiar dengan sebutan Brand Consultant.

Kapan sebuah perusahaan butuh Brand Agency? sumber

  1. Ketika membangun perusahaan baru, nama baru.
  2. Ketika mengembangkan produk baru (butuh logo, packaging, dll). Misalnya ketika Coca Cola Company membuat produk minuman baru, FreshTea. Mereka men-develop identity dan lainnya bersama Brand Consultant.
  3. Perubahan nama (bisa karena ketinggalan jaman atau ada konflik trademark, dll). Seperti Pertamina yang ganti logo kuda lautnya dengan “diamond shape”, selain karena memang ada perubahan manajemen, logo lamanya dianggap obsolete, old.
  4. Ketika perusahaan mau merevitalisasi brand-nya. Misalnya: reposition, atau bisnis-nya sudah berubah dari awal terbentuk, jadi harus mengganti nama yang lebih pas, atau bisa juga ketika perusahaan mulai bermain secara global, yang artinya juga new market. Contoh yang bagus menurut saya personally —> Pizza Hut
  5. Saat perusahaan merasa brand identity-nya kurang oke, merasa kuno, atau ingin merubah sedikit di logogram atau logotype supaya lebih merefleksikan misi yang baru. (tapi biasanya disertai dengan kondisi lain sebagai penyebab, mungkin karena perubahan manajemen, dari BOD (Board of Directors) yang konvensional menjadi Modern.
  6. Ketika perusahaan ingin membuat sistem yang terintegrasi. Integrasi disini bermaksud untuk membuat suatu Brand Architecture baru, agar terlihat lebih konsisten di mata customer-nya, dll
  7. Atau ketika beberapa perusahaan terlibat merger, seperti contoh dulu Bank BDN, Bapindo, BBD, dan Bank Exim bergabung menjadi satu, hasilnya = Bank Mandiri. Contoh lainnya Sony Ericsson dan Total.

Contoh Brand Consultant:
Global: Landor, Saffron, Wolff Olins, InterBrand, TippingSprung, Pentagram, The Brand Union
Lokal: Makki Makki, Kinaya, Omah Loro, Oret Indonesia, Becakmabur

Submit a Comment

Leave a Reply

Posted By

Categories

Uncategorized