Image
Top
Navigation
June 12, 2011

Visual Branding

Bagi Sakti Makki, sebuah brand tidak hanya didominasi oleh desain visual. Namun harus diakui bahwa media visual sangat berpengaruh terhadap proses branding. Dalam sebuah proses branding terdapat tiga aspek penting yang harus dilakukan dengan baik, yaitu perilaku, ekspresi dan komunikasi. Dan untuk proses ekspresi komunikasi, brand hampir dipastikan selalu terkait dengan aspek desain.

Desain grafis dalam branding juga bukan sembarang desain, karena dibutuhkan perencanaan yang matang dan riset yang mendalam. Tahap perencanaan ini juga harus meliputi hal-hal yang strategis, taktis dan kreatif, lalu dilanjutkan dengan penyiasatan strategi dalam proses pencapaian keberhasilan. Baru kemudian akan keluar gagasan ide dan kreativitas yang baik. Dengan begitu maka brand yang ingin kita “manusiakan” bisa terekspresikan dan terkomunikasikan dengan baik melalui sebuah desain visual.

“sebuah produk itu lahir dari pabrik sehingga setiap orang mampu membuatnya asal memiliki modal dan teknik yang sama. Tetapi sebuah brand dilahirkan dari pikiran konsumen oleh karena itu konektivitas dengan konsumen mutlak dibutuhkan.” Kafi Kurnia

Sumber: Majalah Concept vol 06 edisi 36 tahun 2010 bulan Agustus hal 18

Submit a Comment

Posted By

Categories

Uncategorized